Maulana, Husin (2025) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA MELALUI KOMUNITAS BELAJAR (KOMBEL) DI SDN 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
Husin Maulana_2111240177.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Awal mula persoalan kreativitas yang dilakukan guru agar merasa tuntas dalam memberikan peningkatan prestasi siswa beraneka ragam. Penelitian yang akan dilakukan agar memahami cara yang dilakukan guru agar memberikan perubahan cara belajar sehingga meningkatkan prestasi dari kelompok belajar di SDN 50 Kota Bengkulu dan adanya tantangan yang datang dengan menerapkan kelompok belajar dan bagaimana cara mengatasi guru SDN 50 Kota Bengkulu. Penelitian ini memakai jenis penelitian deskriftif kualitatif, agar memberikan pengungkapan terhadap persoalan atau jenis dengan penelitian dikerjakan penelitian ini yaitu berada di lapangan (Field Research), yaitu peneliti ini akan secara langsung di lapangan dengan mengerjakan penelitian dan dilakukan secara langsung kepada responden dan objek pada penelitian yaitu cara memberikan peningkatan prestasi siswa dengan dibentuknya kelompok belajar di SDN 50 Kota Bengkulu, disebabkan siswa merasa antusias hadirnya perubahan saat guru mulai mengaplikasikan kelompok belajar memakai alat media puzzle, quizizz dan wordwal sambil berkomunikasi dan belajar agar memberikan rasa semangat melakukan pembelajaran. Siswa merasa tidak kebosanan dan semangat menurun dengan melaksanakan pembelajaran sehingga guru mampu memberikan penjelasan kepada siswa di dalam kelas. Cara yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan aktivitas berupa workhsop dan diskusi denga rutin sehingga mampu menerapkan berbagai konsep pembelajaran di dalam kelas. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada berupa modul digital, multimedia, dan bahan ajar berbasis proyek, maka implementasinya dengan menghabiskan waktu sesuai kesepakatan bersama dengan kegiatan belajar dan dengan melakukan waktu lung selama seminggu sekali tepatnya pada jumat selama 2 jam menjalankan aktivitas kelompok belajar dan mampu memberian manfaat seperti memberikan penghargaan untuk guru yang aktif dalam kegiatan kelompok belajar untuk meningkatkan partisipasi, sebagai kepala sekolah sangat mendukung kegiatan komunitas belajar ini sangat bermanfaaat untuk SDN 50 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Menigkatkan Prestasi, dan Komunitas Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year