TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP STRATEGI PROMOSI SATU HARGA DALAM JUAL BELI (Studi Kasus Toko Serba 35.000 di Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan)

Downloads

Downloads per month over past year

Hayati, Nengsi (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP STRATEGI PROMOSI SATU HARGA DALAM JUAL BELI (Studi Kasus Toko Serba 35.000 di Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
NENGSI HAYATI - 1911120044.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Memajang pembelian merupakan salah satu aspek paling penting dalam pemasaran dan promosi penjualan, dengan peningkatan popularitas promosi sekali pakai yang sangat menarik. Konsumen di toko dihadapkan pada harga yang tampak seragam dan terjangkau untuk berbagai kelompok demografis. Demikian pula, Toko Serba 35.000 di Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, menggunakan strategi serupa dengan memasang spanduk bertuliskan "semua 35.000" di dalam dan di luar toko untuk mempromosikan produknya. Beberapa produk tersebut sebenarnya memiliki nilai kurang dari Rp. 35.000. Research ini memiliki dua tujuan utama: pertama, untuk mengetahui frekuensi penggunaan strategi promosi harga satu oleh Toko Serba 35.000 dalam penjualan barang; kedua, untuk mengevaluasi dampak strategi ini terhadap ekonomi syariah. Metode yang digunakan adalah strategi Research deskriptif kualitatif berbasis observasi lapangan, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari sampel yang terdiri dari 2 pemilik usaha, 6 staf, dan 8 pengunjung. Hasil Research menunjukkan bahwa toko serba 35.000 di Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, menggunakan spanduk di dalam dan di luar toko sebagai strategi iklan. Meskipun strategi ini sesuai dengan prinsip dan ketentuan perdagangan dalam hukum Islam, taktik iklan semacam ini dilarang karena mengandung unsur penipuan dan kecurangan. Toko tersebut memasang tanda "semua serba 35.000," padahal tidak semua barang di toko tersebut dijual dengan harga tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFahimah, Lim197307122006042001UNSPECIFIED
Thesis advisorMulyono, Edi198905122020121007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Promosi, Satu Harga, Hukum Ekonomi Syari’ah.
Subjects: Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:40
Last Modified: 08 Sep 2025 07:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4671

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year