MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN UMKM DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI DI HUMAN INITIATIVE CABANG BENGKULU)

Downloads

Downloads per month over past year

Monalisa, Agnes (2025) MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN UMKM DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI DI HUMAN INITIATIVE CABANG BENGKULU). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Skripsi)
AGNES MONALISA_2111330026.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program pemberdayaan UMKM dengan metode Business Model Canvas serta pelaksanaan Business Model Canvas dalam program pemberdayaan UMKM di Human Initiative Cabang Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa program pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dijalankan oleh Human Initiative Cabang Bengkulu fokus pada peningkatan kapasitas usaha mikro. Manajemen program pemberdayaan UMKM Human Initiative Cabang Bengkulu menggunakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan indikator keberhasilan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen program pemberdayaan umkm ini dilakukan dengan adanya perencanaan assesment dan kebutuhan UMKM, pengorganisasian dilakukan dengan mengelompokkan UMKM dan pembentukan team Project, pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan mengenai manajemen keuangan, pengendalian dilakukan dengan kunjungan lapangan. Selain itu, analisis terhadap penerapan Business Model Canvas menunjukkan bahwa pemahaman dan implementasi sembilan elemen utama dalam merancang bisnis yang lebih efektif dan berkelanjutan. Elemen-elemen seperti Customer Segment (segmen pelanggan) meliputi tujuh UMKM duafa, Customer Relationship (hubungan dengan pelanggan) dibangun dengan komunikasi terbuka, Key Resources (sumber daya utama) meliputi modal, dan tenaga kerja, Key Activities (aktivitas utama) terdiri dari pelatihan manajemen keuangan, Key Partnership (kemitraan utama) melibatkan YBM PLN, Rt dan Rw, Value Proposition (propisisi nilai) memberikan bantuan modal dan pelatihan, Channel (saluran) menggunakan komunikasi langsung, whatsapp, Facebook, Revenue Streams (sumber pendapatan) bergantung pada strategi pemasaran, Cost Structure (struktur biaya) mengcakup biaya pelatihan dan operasional pendampingan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRamdhani, Rahmat198306122009121006UNSPECIFIED
Thesis advisorRodiyah, Rodiyah198110142007012010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemberdayaan UMKM, Business Model Canvas, Human Initiative
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:10
Last Modified: 09 Sep 2025 03:10
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4764

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year