PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH GUNUNG AGUNG KOTA PAGARALAM

Downloads

Downloads per month over past year

Bela, Belindah Salsa (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH GUNUNG AGUNG KOTA PAGARALAM. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (556kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI BELINDAH SALSA BELA_2111240190_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Smart box terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas I SD Muhammadiyah Gunung Agung Kota Pagaralam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental design), menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Smart box dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar kognitif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Smart box x berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWalid, Ahmad199105112024211031UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra, Erik Perdana198810172923211013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Media Smart box, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:50
Last Modified: 09 Sep 2025 06:50
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year