PENGGUNAAN ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 75 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

WAHYUNI, SERI (2025) PENGGUNAAN ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 75 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text (Skripsi)
SERI WAHYUNI_2111240141.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan ice breaking terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain non-equivalent control group, melibatkan 68 siswa kelas V SDN 75 Kota Bengkulu (34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kontrol). Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dengan skala Likert 1–4 dan dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas Levene, uji-t independen, serta regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan ice breaking memiliki rata-rata skor motivasi 41.85, secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (26.76) dengan selisih mean 15.09 (*t* = 15.03; *p* = 0.000). Koefisien determinasi (R² = 0.709) mengindikasikan bahwa 70.9% peningkatan motivasi dipengaruhi oleh ice breaking. Aktivitas seperti games, tepuk tangan,terbukti mengurangi kejenuhan serta meningkatkan partisipasi siswa. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa ice breaking efektif sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran bermuatan nilai-nilai kebangsaan. Implikasinya, guru disarankan mengintegrasikan ice breaking dalam RPP dan sekolah perlu menyediakan pelatihan terkait variasi aktivitas tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031005UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz1985042920115031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ice breaking, motivasi belajar, Pendidikan Pancasila, eksperimen kuasi, sekolah dasar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:08
Last Modified: 09 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4812

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year