STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 03 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

MUTIARA, ZALELAH TRI (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 03 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text (Skripsi)
ZALELAH TRI MUTIARA_2111240088.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 03 Seluma. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ada kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripstif, yaitu data yang diperoleh seperti hasil dokumentasi, hasil wawancara, dan observasi. Adapun hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika siswa kelas II SD Neegri 03 Seluma yaitu siswa masih sulit dalam berhitung dan mengingat dari angka satu sampai dengan seratus, dan juga siswa masih susah dalam mengerjakan tugas seperti perkalian dan pembagian. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yaitu kurangnya dorongan dari dalam diri siswa itu sendiri, kurang memperhatikan penjelasan dari guru, kurangnnya perhatian dari orang tua, dan kurangnya fasilitas sarana dan prasarana. Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yaitu dengan pendekatan secara langsung seperti memberikan bimbingan dan arahan dalam mengerjakan tugas yang diberikan, memberikan penguatan dan motivasi kepada siswa seperti memberikan soal-soal baik di sekolah ataupun tugas di rumah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu masih sulit dalam berhitung, mengerjakan hitungan perkalian dan pembagian, dengan begitu guru sudah menggunakan berbagai strategi dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz1985042920115031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:23
Last Modified: 09 Sep 2025 08:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year