SARI, MEPI JUNITA (2025) PENERAPAN PROYEK PELAJAR PANCASILA MELALUI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZHAR 51 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
MEPI JUNITA SARI_2111240105.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum memegang peranan penting dalam menentukan perkembangan pendidikan. Kurikulum Merdeka mengganti Kurikulum K13 adalah salah satu aspek yang perlu dijalankan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan proyek pelajar pancasila melalui kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 51 Kota Bengkulu, mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan proyek pelajar pancasila melalui kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 51 Kota Bengkulu, mengetahui solusi yang dilakukan dalam mengatasi problem dalam penerapan proyek pelajar pancasila melalui kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 51 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa Penerapan proyek pelajar pancasila melalui kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 51 Kota Bengkulu sudah diterapkan sebagaimana mestinya yakni dengan menerapkan keenam aspek yang terdapat dalam proyek pelajar pancasila seperti beriman dan bertakwa kepada tuhan yang masha esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global Faktor pendukung yang sangat berperan dalam penerapan proyek pelajar pancasila melalui kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 51 Kota Bengkulu diantaranya kesiapan dan kompetensi gurudukungan penuh dari pimpinan sekolah, partisipasi aktif orang tua dan masyarakat, sarana dan prasarana yang memadai, budaya sekolah Solusi solusi dalam mengatasi problema tersebut, dimana solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah dengan mengadakan pelatihan dan workshop secara berkala, meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar tim kurikulum, guru, orang tua, dan stake holder lainnya, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi yang ada, memberikan pendampingan intensif kepada siswa, melakukan evaluasi dan refleksi rutin dan membangun budaya sekolah yang positif dan terbuka terhadap inovasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Proyek Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 08:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 08:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year