OKTAVIA, MELSA (2025) PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI HAMBATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 58 KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
MELSA OKTAVIA_2111240102.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam menghadapi permasalahan keterlambatan kemampuan membaca pada siswa kelas II di SDN 58 Kaur. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru kelas serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam mengatasi keterlambatan membaca pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Kelas II, dan siswa kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas meliputi peran sebagai peran guru sebagai fasilitator, demonstrator, motivator, pengelola kelas, dan evaluator yang memiliki pengaruh signifikan dalam menangani berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung dalam mengatasi keterlambatan tersebut antara lain keterlibatan orang tua di lingkungan rumah dan adanya motivasi dari dalam diri siswa. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kurangnya keterlibatan orang tua di rumah, rendahnya motivasi siswa selama proses pembelajaran, kurangnya profesionalitas guru dalam mengendalikan diri saat mengajar, serta perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Hasil simpulan dari observasi dan wawancara guru dalam penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II sudah menjalankan perannya sebagai peran guru sebagai fasilitator, demonstrator, motivator, pengelola kelas, dan evaluator dengan secara optimal melalui kegiatan literasi untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa. Siswa kelas 2 SD Negeri 58 Kaur sudah secara umum menunjukkan peningkatan keterampilan bahasa yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Peran Guru, Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 08:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:47 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year