STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE ICE BREAKING DI ERA DIGITALISASI ( STUDI DI TK HANG TUAH KOTA BENGKULU)

Downloads

Downloads per month over past year

Zahara, Siti (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE ICE BREAKING DI ERA DIGITALISASI ( STUDI DI TK HANG TUAH KOTA BENGKULU). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
1. DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (335kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (363kB)
[img] Text (Skripsi)
SITI ZAHARA(2111250068).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, khususnya pada pendidikan anak usia dini di era digitalisasi. Fenomena kejenuhan anak dalam mengikuti pembelajaran monoton menuntut adanya strategi yang inovatif, salah satunya melalui penerapan ice breaking berbasis teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam menggunakan metode ice breaking di era digital, serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapannya di TK Hang Tuah Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif lapangan dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan perangkat digital seperti laptop, proyektor, YouTube, dan TikTok dalam kegiatan ice breaking untuk mencairkan suasana, membangkitkan semangat, serta meningkatkan interaksi siswa. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan fasilitas teknologi dan akses internet yang tidak stabil. Adapun solusi yang dilakukan guru yaitu menggunakan perangkat pribadi (smartphone, laptop) serta mengombinasikan ice breaking digital dengan metode manual seperti tepuk tangan, bernyanyi, dan permainan sederhana.Penelitian ini menegaskan pentingnya adaptasi guru terhadap perkembangan teknologi digital guna menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, kreatif, dan menyenangkan. Dengan strategi ini, anak-anak diharapkan lebih bersemangat, fokus, dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorAmaliyah, Aam19691122200032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Ice Breaking, Era Digitalisasi, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:16
Last Modified: 10 Sep 2025 01:17
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4831

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year