EPILIANI, LISIA (2025) PENGARUH KEGIATAN EKSPERIMEN HUJAN PELANGI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
LISIA EPILIANI_2111250029.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti mengenai kemampuan mengenal warna di Tk Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu terlihat bahwa kemampuan mengenal warna anak masih belum optimal karena guru hanya mengajarkan melalui kegiatan menggambar, melukis atau menyebutkan warna disekitar. Maka dari itu, pendidik memerlukan kegiatan yang beragam untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia dini, Salah satunya kegiatan eksperimen hujan pelangi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh kegiatan eksperimen hujan pelangi terhadap kemampuan mengenal warna pada anak di Tk Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. penelitian ini merupakan pre eksperimen dengan one grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Tk Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu yang terdaftar pada tahun 2024/2025. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sehinggah terpilih kelas B5 sebanyak 11 orang sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validasi, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa hasil Nilai Sig. F = 0.040 (< 0.05) maka terdapat pengaruh secara simultan berarti Hipotesis kerja (Ha) diterima sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Nilai signifikansi variable kegiatan eksperimen hujan pelangi adalah 0,030 (p<5%). Hal ini berarti bahwa variabel kegiatan eksperimen hujan pelangi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal warna pada anak sebesar 0,733. Nilai R² = 0.302 menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen hujan pelangi memberikan kontribusi sebesar 30.2% terhadap kemampuan anak dalam mengenal warna. Sementara 69.8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Meskipun dipengaruhi faktor lain, peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan eksperimen hujan pelangi berpengaruh pada kemampuan mengnal warna pada anak di Tk Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen, Hujan Pelangi, Kemampuan Mengenal Warna | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:31 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year