ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK DALAM MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK AGAMA PADA CERITA PUYANG LAMBUNG KARANG DAN BUJANG JUARO DI KELAS V SDN 1 TANJUNG SAKTI KAB. LAHAT

Downloads

Downloads per month over past year

AGUSTINA, REGA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK DALAM MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK AGAMA PADA CERITA PUYANG LAMBUNG KARANG DAN BUJANG JUARO DI KELAS V SDN 1 TANJUNG SAKTI KAB. LAHAT. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI REGA AGUSTINA_2111240174_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi peserta didik dalam menemukan unsur intrinsik agama pada cerita Puyang Lambung Karang dan Bujang Juaro di kelas V SDN 1 Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penguatan nilai-nilai keagamaan melalui literasi cerita rakyat lokal yang sarat dengan pesan moral dan religius. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menemukan unsur-unsur intrinsik agama berada pada kategori cukup. Peserta didik dapat mengidentifikasi tema, tokoh, alur, latar, dan amanat yang mengandung nilai-nilai keimanan, ketakwaan, serta akhlak mulia dalam kedua cerita tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan ini berasal dari faktor internal, seperti motivasi belajar, kemampuan membaca, dan pemahaman nilai agama peserta didik, serta faktor eksternal, seperti dukungan orang tua, lingkungan sosial, dan strategi pembelajaran guru. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa cerita rakyat lokal seperti Puyang Lambung Karang dan Bujang Juaro memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi siswa sekaligus membentuk karakter religius. Diperlukan upaya berkelanjutan untuk mengintegrasikan teks sastra lokal berbasis nilai agama ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa Indonesia, serta mendorong keterlibatan aktif antara sekolah dan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai tersebut. Dengan demikian, literasi siswa tidak hanya berkembang dari aspek kognitif, tetapi juga dari sisi afektif dan spiritual di Kelas V Sd N 1 Tanjung Sakti Pumi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali197509252001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorLukman, Lukman197005252000031003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi, Unsur Intrinsik Agama, Cerita Rakyat Puyang Lambung Karang dan Bujang Juaro.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:04
Last Modified: 10 Sep 2025 03:04
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4882

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year