PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN BUY NOW PAY LATER (BNPL) SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)

Downloads

Downloads per month over past year

AFRIANI, DINA (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN BUY NOW PAY LATER (BNPL) SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (347kB)
[img] Text (Artikel Jurnal)
DINA AFRIANI_2111140037.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media sosial dan gaya hidup terhadap perilaku pembelian impulsif dengan Buy Now Pay Later (BNPL) sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada 95 responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin dengan tingkat toleransi kesalahan 10%. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif (t = 2,214; sig = 0,029). Gaya hidup juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif (t = 9,202; sig = 0,000) dengan pengaruh yang lebih dominan (β = 0,825). Namun, BNPL tidak terbukti memoderasi pengaruh media sosial terhadap perilaku pembelian impulsif (t = - 1,346; sig = 0,182) maupun pengaruh gaya hidup terhadap perilaku pembelian impulsif (t = 0,061; sig = 0,952). Penelitian ini memberikan implikasi pentingnya pengembangan literasi keuangan dan kesadaran kritis mahasiswa terhadap pengaruh media sosial dan gaya hidup dalam keputusan pembelian, serta perlunya strategi pemasaran yang bertanggung jawab dari pelaku bisnis terkait layanan BNPL.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWahyuni, Eka Sri197705092008012014UNSPECIFIED
Thesis advisorHarpepen, Andi198412142023211012UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Gaya Hidup, Perilaku Pembelian Impulsif, Buy Now Pay Later, Mahasiswa
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:42
Last Modified: 10 Sep 2025 03:42
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4898

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year