MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIA GURITA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SARI, LANTAS (2025) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIA GURITA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI LANTAS SARI_2111240021.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) berbasis media gurita terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas V B berjumlah 29 siswa kelas V C berjumlah 27. Instrument yang digunakan untuk mengumpukan data dalam penelitian ini terdiri dari 10 soal essay. Berdasarkan analisis data diperoleh ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah 1) berdasarkan uji normalitas data didapatkan hasil belajar pada model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) adalah sebagai berikut untuk kelas ekspeiment dengan jumlah X2hitung (8,2724) sedangkan taraf dari nilai signitifikasi pada tabel chi kudarat diperoleh X2tabel (11,070). Sehingga X2hitung (8,2724) < X2tabel (11,070). Maka dikatakan data nilai kelas eksperimen normal. Sedangkan pada kelas kontrol jumlah X2hitung (9,4488) sedangkan taraf dari nilai signitifikasi pada tabel chi X2tabel (11,070). Sehingga X2hitung (9,4488) < X2tabel (11,070). Maka dikatakan data nilai kelas kontrol normal. 2) Berdasarkan uji homogenitas diperoleh Fhitung yaitu (1,11) sedangkan taraf signitifikasi 0,05% (1,897). Dapat disimpulkan bahwa Fhitung (1,11) Ftabel (1,897). Maka data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan Homogen. 3) Untuk pengujian uji T-test diperoleh thitung (0,26) ttabel (2,0048), dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak, dengan kata lain ―Maka rata-rata hasil belajar kelas eksperimen tidak lebih baik dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol‖.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni199107142023212042UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT), Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 10 Sep 2025 04:13
Last Modified: 10 Sep 2025 04:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year