RAHMAWATI, RAHMAWATI (2025) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) OLEH GURU DENGAN BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DI SMP NEGERI 61 KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text (TESIS)
RAHMAWATI_2323540035.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning oleh guru dengan berbantuan media quizizz pada mata pelajaran Pendidikan Agama di SMPN 61 Kabupaten Bengkulu Utara, 2). Untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning oleh guru dengan berbantuan media quizizz pada mata pelajaran Pendidikan Agama di SMPN 61 Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1). Adapun langkah-langkah dalam model pembelajaran problem based learning yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan melakukan pengecekan kembali semua langkah yang telah dikerjakan. Peran media quizizz dalam pembelajaran quizizz adalah platform pembelajaran berbasis kuis yang interaktif dan menyenangkan. Quizizz menjadi alat evaluasi formatif yang menyenangkan, memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep Pendidikan agama. Sinergi problem based learning dan quizizz dalam Pendidikan agama. Kombinasi keduanya menciptakan lingkungan belajar aktif dan menyenangkan dan siswa sangat interaktif dan menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif. Quizizz juga digunakan untuk mereview materi yang telah dipelajari sebelumnya. Quizizz sebagai latihan soal untuk mempersiapkan ujian atau tes dengan model pembelajaran (Problem Based Learning). 2). Faktor yang mendukung penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media quizizz adalah kemampuan guru, motivasi siswa, akses teknologi. 3). Faktor yang menghambat penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media quizizz adalah keterbatasan akses teknologi, kurangnya kemampuan guru, kurangnya motivasi siswa, dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Model PBL oleh guru, Media Quizizz mata pelajaran Pendidikan agama | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year