ANGGITA, ESI AYU (2024) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 4 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (Tesis)
ESI AYU ANGGITA__2223540017.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan seberpa besar pengaruh lingkungan belajar dan penggunaan media sosial instagram terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI dan budi pekerti.Adapun tujuan spesifik dari penelitian ini adalah: 1) mengukur pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa smk negeri 4 Kota Bengkulu kelas XI 2) mengukur pengaruh penggunaan media sosial (instagram) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa SMK Negeri 4 Bengkulu kelas XI. 3) mengukur pengaruh lingkungan belajar dan media sosial (instagram) terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa SMK Negeri 4 K o t a Bengkulu Kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan asosiatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 198 dengan sampel 66 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, pertama, menyatakan bahwa adanya pengaruh Lingkungan Belajar tehadap Prestasi Belajar hal ini dibuktikan dengan nilai P (signifikan) 0,000 < 0,05 lebih kecil dari 0,05 atau thit < ttabel 3.740 > 1.99834 maka artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kedua terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan nilai yang signifikan thit < ttabel (2.162 > 1.99834) dan (sig > α = 0.009 < 0.050),maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil nilai kolerasi (r) antara variable lingkungan belajar dan media sosial 0,466. Karena nilai tersebut berada antara 0,4-0,6 maka hubungan tersebut dikatakan kategori sedang, sedangkan koefisien determinasinya 0,544 artinya kontribusinya sebesar 54,4%
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | lingkungan belajar, media sosial, pretasi belajar, pendidikan agama islam dan budi pekerti | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year