AVLENDA, EZA (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMAT LI AL-ʽÂLAMÎN (P5RA) TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH. Doktoral (S3) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
Depan.pdf Download (761kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text (Disertasi)
EZA AVLENDA_2111770005.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu kekhasan kurikulum merdeka pada madrasah adalah mengintegrasikan nilai-nilai Rahmat li al-ʽâlamîn dalam pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Namun dalam pelaksanaannya mengalami beberapa kendala, antara lain pendidik belum menguasai pembelajaran kokurikuler Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmat li al-ʽâlamîn (P5RA), pendidik di madrasah belum terbiasa melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, pendidik belum memahami pengorganisasian pembelajaran Rahmat li al-ʽâlamîn P5RA, dan pendidik mengalami kesulitan dalam menyusun modul P5RA. Modul ajar P5RA adalah dokumen yang berisi tema, tujuan, langkah pembelajaran, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaranRahmat li al-ʽâlamîn P5RA. Modul ajar P5RA berfungsi sebagai panduan yang digunakan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran P5RA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengorganisasian pembelajaran P5RA, mendeskripsikan pengembangan modul ajar P5RA, mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas modul P5RA pada Fase E. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Produk yang dihasilkan adalah modul ajar P5RA dengan tema “gaya hidup berkelanjutan”, sub tema “berperilaku hemat tindakan hebat”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar P5RA yang dihasilkan memeroleh: (1) tingkat kevalidan yang sangat tinggi, hasil uji validasi ahli materi memeroleh persentase 88%, ahli media 98% dan validasi ahli bahasa 92% dengan kategori sangat valid. (2) tingkat kepraktisan yang sangat tinggi, perolehan hasil dari uji kepraktisan berdasarkan hasil respon pendidik pengampu sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. (3) tingkat efektifitas yang sangat tinggi, berdasarkan data hasil ketercapaian dimensi profil pelajar pancasila diperoleh, dimensi Beriman, bertaqwa, kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan kreatif mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan (BSH) dengan persentase sebesar 38,79%, sedangkan nilai sangat berkembang (SB) sebesar 60,34%. Sementara nilai Rahmat li al-ʽâlamîn untuk berkeadaban (ta‟addub) dandinamis dan inovatif (taţawwur wa ibtikâr) memeroleh persentase 38,79% untuk berkembang sesuai harapan (BSH) dan sangat berkembang (SB) sebesar 60,34%. Untuk analisis ketercapaian hasil belajar peserta didik diperoleh jumlah peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan, sebanyak 115 orang atau 99,14%. Sehingga dapat diambil kesimpulan Modul Ajar P5RA yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai panduan pembelajaran dalam kegiatan P5RA pada tema gaya hidup berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Doktoral (S3)) | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3) | ||||||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:46 | ||||||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:46 | ||||||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year