IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 189 BENGKULU UTARA

Downloads

Downloads per month over past year

BULAN, AGUSTIN SAPUTRI (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 189 BENGKULU UTARA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text (Skripsi)
BULAN AGUSTIN SAPUTRI_2111210010.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Upaya persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan memberikan pelatihan kapada guru. Guru perlu diberikan keyakinan bahwa kurmer sebagai kurikulum pilihan dapat di implementasikan pada semua tingkat satuan pendidikan dan dapat memenuhi standar lulusan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas implementasi kurikulum merdeka, beserta keungulan dan kelemahan pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 189 Bengkulu Utara. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data system yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mengamati permasalahan secara akurat dan sistematis mengenai fakta dan sifat objek tertentu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan perkembangan yang baik dalam proses penerapan kurikulum baru meskipun masih mengalami beberapa kendala seperti pembiasaan pembelajaran siswa, kesulitan guru dalam menyesuaikan materi dan media pembelajaran. Selain kendala adapun kunggulan dan kelemahan dari Implementasi Kurikulum Merdeka. Keunggulannya yaitu lebih relevan dan interaktif, lebih sederhana dan mendalam, sedangkan Kelemahannya yaitu kesiapan guru, sarana, prasarana dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSamsudin, Samsudin196606051997021003UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Sutrian198910292023211822UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:34
Last Modified: 11 Sep 2025 01:34
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year