PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM MENGEMBANGKAN SELF CONTROL DAN HOTS SISWA PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MAN 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

KHAIRIYAH, MAU’IZATI (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM MENGEMBANGKAN SELF CONTROL DAN HOTS SISWA PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MAN 2 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text (TESIS)
MAU'IZATI KHAIRIYAH_2323540024_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam mengembangkan self control dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan RPP integratif yang mencakup tujuan kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan penekanan pada nilai-nilai akidah dan akhlak; pemilihan materi kontekstual yang mendorong pemikiran kritis; pembentukan kelompok heterogen; penggunaan LKS, studi kasus, dan soal pemantik HOTS; penilaian ganda dengan rubrik khusus; serta sesi refleksi dan penilaian diri siswa. (2) Pelaksanaan pembelajaran mengikuti lima komponen utama model STAD: presentasi kelas, pembentukan tim, kuis individu, skor kemajuan individual, dan rekognisi tim. Langkah-langkah tersebut dilakukan secara sistematis untuk mendorong partisipasi aktif dan pengembangan karakter siswa. (3) Evaluasi dilakukan melalui evaluasi formatif dan sumatif, penilaian afektif oleh guru, serta refleksi siswa dan guru. Evaluasi ini digunakan untuk merancang tindakan perbaikan, seperti penguatan materi, pembentukan kelompok baru, dan pengembangan tugas yang lebih menantang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model STAD efektif dalam mengembangkan self control dan HOTS siswa, dengan catatan perlunya penguatan desain pembelajaran, manajemen kelompok yang optimal, dan pelatihan berkelanjutan bagi guru

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuradi, Ahmad197601192007011018UNSPECIFIED
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili19750722000032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, STAD, Self Control, HOTS, Akidah Akhlak.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:51
Last Modified: 11 Sep 2025 01:51
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year