PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ROUDLOTUR ROSMANI KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

NUR FETTI, LOLLA (2025) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ROUDLOTUR ROSMANI KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text (Skripsi)
LOLLA NUR FETTI_2111210075.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penggunaan model pembelajaran round club untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok kecil di MTs Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu. Serta untuk mengetahui mekanisme yang memungkinkan model pembelajaran tersebut berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana model pembelajaran ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan partisipasi siswa. Dalam konteks pendidikan yang semakin menekankan pada pembelajaran aktif, partisipasi siswa menjadi salah satu indikator penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan langsung dari sumber primer, meliputi Kepala Madrasah, siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam untuk memastikan keaslian dan relevansi temuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran round club dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok kecil, yang dapat dilihat dari cara siswa merespon pembelajaran secara aktif. Tidak hanya terlibat dalam diskusi, siswa menunjukkan minat, antusiasme dan keberanian untuk mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorLubis, Mawardi196512311998031015UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi1981021200911013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Model Pembelajaran, Klub Putaran, Partisipasi Aktif, Diskusi Kelompok Kecil
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:50
Last Modified: 11 Sep 2025 03:50
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year