PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI 58 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

ANGGRAINI, LICI INDA (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI 58 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSI LICI INDA ANGGRAINI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI LICI INDA ANGGRAINI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI LICI INDA ANGGRAINI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI LICI INDA ANGGRAINI.pdf

Download (342kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI LICI INDA ANGGRAINI S,Pd (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran jam terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran matematika Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar matematika, minimnya penggunaan media pembelajaran jam, kurang adanya kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, serta kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas, masing-masing 19 siswa, yaitu kelas II A sebagai kelompok eksperimen dan II B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen adalah 31,5 dan meningkat menjadi 71,5 pada posttest. Sementara itu kelompok kontrol meningkat dari 27,3 menjadi 43,6. Uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi 0,011 < 0,05 dan t hitung 0,402 > t tabel 2,682, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan setelah perlakuan. Dengan demikian, media pembelajaran jam terbukti signifikan dan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999031002UNSPECIFIED
Thesis advisorBayah, Zubaidah197204162023212009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media jam, hasil belajar, matematika, pengukuran waktu
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:22
Last Modified: 15 Sep 2025 01:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5010

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year