PENGARUH TEKNIK PERMAINAN BAHASA (TALKING STICK) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

HASANAH, ELYA (2025) PENGARUH TEKNIK PERMAINAN BAHASA (TALKING STICK) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
ELYA HASANAH-2111240033.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh teknik permainan bahasa ( Talking Stick ) terhadap peningkatan kemampuan berbicara pada siswa kelas II SD Negeri 36 Kota Bengkulu, penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SD Negeri 36 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semi (Quasi Eksperimen). Sampel pada penelitian ini adalah kelas A (kelas kontrol) kelas B (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi,. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dengan uji F dan uji hipotesis dengan uji independent sampel T test. Hasil penelitian adalah dari uji hipotesis pre test, nilai thitung ( 2,866 ) > ttabel ( 2,00172 ) dengan taraf signifikansi 5% H1 diterima dan H0 ditolak dengan hasil rata- rata pre test pada kelompok eksperimen sebesar 48 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 39 kemudian berdasarkan dari hasil hipotesis post test nilai thitung ( 3,118 ) > ttabel (2,00172) dengan taraf signifikansi 5% adanya penolakan H0 dan penerimaan H1 artinya terdapat perbedaan yang signifikansi 5% adanya penolakan H0 dan penerimaan H1 artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbicara bahasa indonesia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dengan hasil rata-rata pre test pada kelompok eksperimen sebesar 81,3 dan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 60,4.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorRandi, Randi198806122023212030UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ( Talking Stick ), Kemampuan Berbicara, Bahasa indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:35
Last Modified: 11 Sep 2025 06:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year