HASANAH, ELYA (2025) PENGARUH TEKNIK PERMAINAN BAHASA (TALKING STICK) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
ELYA HASANAH-2111240033.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh teknik permainan bahasa ( Talking Stick ) terhadap peningkatan kemampuan berbicara pada siswa kelas II SD Negeri 36 Kota Bengkulu, penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SD Negeri 36 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semi (Quasi Eksperimen). Sampel pada penelitian ini adalah kelas A (kelas kontrol) kelas B (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi,. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dengan uji F dan uji hipotesis dengan uji independent sampel T test. Hasil penelitian adalah dari uji hipotesis pre test, nilai thitung ( 2,866 ) > ttabel ( 2,00172 ) dengan taraf signifikansi 5% H1 diterima dan H0 ditolak dengan hasil rata- rata pre test pada kelompok eksperimen sebesar 48 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 39 kemudian berdasarkan dari hasil hipotesis post test nilai thitung ( 3,118 ) > ttabel (2,00172) dengan taraf signifikansi 5% adanya penolakan H0 dan penerimaan H1 artinya terdapat perbedaan yang signifikansi 5% adanya penolakan H0 dan penerimaan H1 artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbicara bahasa indonesia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dengan hasil rata-rata pre test pada kelompok eksperimen sebesar 81,3 dan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 60,4.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | ( Talking Stick ), Kemampuan Berbicara, Bahasa indonesia | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:35 | ||||||||||||
| Last Modified: | 11 Sep 2025 06:35 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics