AMELIA, ANISA (2025) PENGARUH KECEMASAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
ANISA AMELIA_2111280013.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah pada soal aritmatika sosial di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu serta membandingkan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki tingkat kecemasan rendah dan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment pretest-posttest control grup. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel kelas ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kecemasan siswa dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linear sederhana yang dibantu dengan IBM SPSS Statistic 27. Hasil dari analisis data ini menunjukkan bahwa kecemasan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,824 yang lebih besar dari taraf signifikansi 0,05, serta nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,002. Artinya, hanya 0,2% variabel kemampuan pemecahan masalah yang dapat dijelaskan oleh kecemasan, sedangkan sisanya sebesar 99,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar kecemasan. Selanjutnya, pada hasil perbandingan pemecahan masalah soal aritmatika sosial pada siswa yang mempunyai kecemasan rendah dan siswa yang mempunyai kecemasan tinggi. menunjukkan bahwa adanya perbedaan nyata dalam pola pemecahan masalah antara siswa yang memiliki kecemasan rendah dan kecemasan tinggi. Dimana siswa yang memiliki kecemasan rendah cenderung lebih mampu memahami soal, menyusun strategi penyelesaian, dan melaksanakan rencana secara runtut dan tepat. Mereka juga lebih reflektif dalam memeriksa kembali hasil pengerjaan soal. Sebaliknya, siswa yang memiliki kecemasan tinggi menunjukkan hampir semua tahapan pemecahan masalah terjadi hambatan seperti sulit memahami soal cerita yang diberikan, keliru atau tidak menyusun rencana penyelesaian, tergesa- gesa dalam menghitung, dan tidak melakukan pemeriksaan kembali
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | kecemasan matematika, kemampuan pemecahan masalah, aritmatika sosial | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 07:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 07:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year