SUPRIYANDI, RENO (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBUDAYAKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA KELAS XI Di MAN INSAN CENDEKIA BENGKULU TENGAH. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN_RENO.pdf Download (973kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (703kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text (TESIS)
RENO SUPRIYANDI_2323540032_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membudayakan nilai-nilai karakter religius dan disiplin siswa kelas XI di MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi implementasi strategi tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan Kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, penelitian ini mengkaji praktik pendidikan karakter yang holistik dan terpadu di lingkungan madrasah berasrama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan beragam strategi yang saling berkesinambungan. Untuk membudayakan karakter religius, strategi meliputi penjadwalan dan absensi khusus amalan ibadah, pemanfaatan aturan dan sanksi edukatif, pemberian tugas amalan tambahan, pembinaan intensif di asrama, keteladanan guru PAI (uswatun hasanah), serta pemanfaatan media pembelajaran dan teknologi. Sementara itu, untuk membudayakan karakter disiplin, guru PAI menerapkan penegakan aturan dan tata tertib sekolah, pemberian sanksi dan penghargaan, pengawasan dan pembinaan di asrama, serta implementasi program pengasuhan. Penelitian ini mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam membudayakan karakter religius dan disiplin siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah. Faktor pendukung meliputi dukungan orang tua, kompetensi guru, lingkungan sekolah kondusif, sarana prasarana, serta motivasi siswa. Sementara itu, faktor penghambat utamanya adalah pengaruh negatif teknologi/media sosial, kekhawatiran guru terkait HAM dalam pendisiplinan, dan potensi kejenuhan siswa terhadap rutinitas ketat.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Karakter Disiplin, Guru Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:28 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year