Pratiwi, Enjel (2025) Implementasi Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN 018 Bengkulu Utara. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
Enjel Pratiwi_2111240121.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca siswa yang kurang baik pada tahun 2019 di SDN 018 Bengkulu Utara sehingga program pojok baca mulai diterapkan sampai dengan sekarang tahun 2025. Pojok baca ini bisa membantu menumbuhkan minat baca siswa. Bisa dikatakan bahwa pojok baca di SDN 018 Bengkulu Utara sudah berjalan dengan baik, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti mengenai pojok baca di SDN 018 Bengkulu Utara. Penelitian bertujuan Mendeskripsikan Penerapan pojok baca, Implikasi penerapan pojok baca dalam menumbuhkan minat baca siswa, Faktor pendukung dan penghambat penerapan pojok baca siswa di SDN 018 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Siswa. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN 018 Bengkulu Utara melalui tiga tahap utama yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi. Pojok baca diterapkan disetiap sudut ruang kelas, pojok baca berisi koleksi buku fiksi dan non fiksi, Dalam Penerapan pojok baca, menumbuhkan minat baca siswa, melalui kegiatan gerliseri (Gerakan literasi setiap hari) pelaksanaannya dilakukan 15 menit diwaktu pagi setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. Siswa diminta untuk membaca buku di pojok baca dan menceritakan kembali didepan kelas buku apa yang sudah dibaca. adanya penerapan pojok baca di ruang kelas dan pelaksanaan kegiatan membaca setiap hari, membuat siswa termotivasi untuk menumbuhkan minat bacanya serta dapat menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Namun dalam penerapannya terdapat faktor pendukung yakni kerjasama para guru, dan orang tua siswa, Ragam hias pojok baca yang dihias semenarik mungkin yang dapat menumbuhkan minat baca siswa. Sedangkan faktor penghambatnya keterbatasan ketersediaan buku yang belum memenuhi kebutuhan siswa, ketidakstabilan minat membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Impelementasi Pojok Baca, Minat baca. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:42 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year