PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 76 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

KHOIRUNNISA, KURNIA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 76 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text (Skripsi)
KURNIA KHOIRUNNISA_2111240046.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 76 Kota bengkulu serta untuk mengetahi apa aja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 76 Kota bengkulu. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian kualitatif adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 76 Kota bengkulu melibatkan tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Diawali dengan perencanaan matang, meliputi pemahaman model pembelajaran, penyusunan modul, penentuan strategi, persiapan media. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung terstruktur sesuai modul, pembelajaran dilakukan dengan mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga suasana belajar menjadi aktif dan bermakna yang bisa mengurangi kebosanan serta memudahkan pemahaman materi karena siswa dapat melihat langsung relevansi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih optimal. Evaluasi mencakup penilaian proses dan kognitif, menilai keterlibatan dan pemahaman siswa. Faktor pendukung penerapan model contextual teaching and learning di kelas V SDN 76 Kota Bengkulu didukung oleh kesiapan guru dan antusiasme siswa yang tinggi, serta kolaborasi antar guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan alat yang kadang sulit disiapkan dan waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan model ini secara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni199107142023212042UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Model Pembelajaran Contectual Teaching And Learning; Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:09
Last Modified: 15 Sep 2025 03:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5077

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year