KHOIRUNNISA, KURNIA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 76 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
KURNIA KHOIRUNNISA_2111240046.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 76 Kota bengkulu serta untuk mengetahi apa aja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 76 Kota bengkulu. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian kualitatif adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 76 Kota bengkulu melibatkan tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Diawali dengan perencanaan matang, meliputi pemahaman model pembelajaran, penyusunan modul, penentuan strategi, persiapan media. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung terstruktur sesuai modul, pembelajaran dilakukan dengan mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga suasana belajar menjadi aktif dan bermakna yang bisa mengurangi kebosanan serta memudahkan pemahaman materi karena siswa dapat melihat langsung relevansi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih optimal. Evaluasi mencakup penilaian proses dan kognitif, menilai keterlibatan dan pemahaman siswa. Faktor pendukung penerapan model contextual teaching and learning di kelas V SDN 76 Kota Bengkulu didukung oleh kesiapan guru dan antusiasme siswa yang tinggi, serta kolaborasi antar guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan alat yang kadang sulit disiapkan dan waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan model ini secara efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Model Pembelajaran Contectual Teaching And Learning; Matematika | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year