NINGSIH, PITA APIA (2025) IMPLEMENTASI NILAI NILAI KARAKTER KEISLAMAN DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMKN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
PITA APIA NINGSIH_2111210016.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang Implementasi nilai-nilai karakter keislaman dalam membentuk kedisiplinan siswa dilakukan melalui berbagai strategi yang dirancang oleh pihak sekolah. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah pembiasaan ibadah dalam kehidupan sekolah, seperti shalat berjamaah, membaca Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran, serta mengikuti kajian Islam yang diadakan secara rutin. kebiasaan melaksanakan shalat berjamaah di sekolah dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam berbagai aspek, termasuk dalam hal ketepatan waktu, ketaatan terhadap aturan sekolah, serta tanggung jawab terhadap tugas akademik. Hasil Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk memahami serta mengungkap suatu fenomena atau objek dalam konteksnya secara mendalam. Pendekatan ini berfokus pada eksplorasi makna serta pemahaman suatu permasalahan melalui data kualitatif, yang dapat berupa teks, gambar, skema, atau kejadian. Dalam penelitian kualitatif, keabsahan data menjadi aspek krusial karena berfungsi sebagai dasar dalam memperkuat validitas hasil penelitian serta memudahkan proses analisis.dalam memperkuat validitas hasil penelitian serta memudahkan proses analisis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian lapangan (field research) adalah metode penelitian yang melibatkan pengumpulan data secara langsung di lapangan, yaitu di lingkungan alami subjek penelitian. Metode ini sering digunakan dalam penelitian kualitatif untuk memahami fenomena sosial, interaksi antar manusia, dan perilaku individu dalam konteks alami mereka, dengan tujuan untuk menemukan jawaban atau pemecahan masalah. Secara keseluruhan Penelitian ini menegaskan bahwa implementasi nilai-nilai karakter keislaman di SMKN 2 Kota Bengkulu memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kedisiplinan siswa. Nilai-nilai karakter Islami yang diterapkan melalui berbagai program pembiasaan ibadah dan keteladanan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) telah menunjukkan dampak positif dalam membentuk sikap disiplin siswa secara berkelanjutan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Nilai Keislaman, Kedisiplinan Siswa, Keteladanan Guru, Peran Orang Tua, Tantangan Pendidikan Karakter | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 06:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 06:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5088 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year