AGUSTINA, RAHMA (2025) PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS MELALUI PEMBUATAN LEMANG BAMBU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS DI SMPN 17 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (967kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
RAHMA AGUSTINA_2111260013.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh penerapan pendekatan etnosains melalui pembuatan lemang bambu terhadap pemahaman konsep siswa pada materi energi panas di SMPN 17 Bengkulu Selatan. (2) Mendeskripsikan bagaimana proses pembuatan lemang bambu dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep energi panas pada siswa di SMPN 17 Bengkulu Selatan. (3) Mengetahui sejauh mana penerapan etnosains melalui pembuatan lemang bambu dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi energi panas di SMPN 17 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes tertulis pemahaman konsep (soal) dan observasi. Hasil penelitian tahap pertama Penerapan pendekatan etnosains lewat pembuatan lemang bambu berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa tentang energi panas di SMPN 17 Bengkulu Selatan. Hal ini dilihat dari hasil uji Independent Samples t-Test menunjukkan t = -5,42 dan p = 0,000 (p < 0,05), menandakan perbedaan nyata antara kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian tahap kedua Pembuatan lemang bambu sebagai media pembelajaran efektif membantusiswa memahami konsep energi panas secara konkret. Data menunjukkan sebaran normal dan varians setara, sehingga pendekatan ini layak diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian tahap ketiga Pendekatan etnosains meningkatkan pemahaman konsep siswa lebih tinggi dibanding metode konvensional. Hal ini dilihat dari hasil Nilai rata-rata kelas eksperimen mencapai 83,07, lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 66,13. Ini membuktikan kontribusi positif pendekatan etnosains dalam pembelajaran energi panas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etnosains, Lemang Bambu, Energi Panas | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 02:01 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year