PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS MELALUI PEMBUATAN LEMANG BAMBU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS DI SMPN 17 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

AGUSTINA, RAHMA (2025) PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS MELALUI PEMBUATAN LEMANG BAMBU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS DI SMPN 17 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text (Skripsi)
RAHMA AGUSTINA_2111260013.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh penerapan pendekatan etnosains melalui pembuatan lemang bambu terhadap pemahaman konsep siswa pada materi energi panas di SMPN 17 Bengkulu Selatan. (2) Mendeskripsikan bagaimana proses pembuatan lemang bambu dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep energi panas pada siswa di SMPN 17 Bengkulu Selatan. (3) Mengetahui sejauh mana penerapan etnosains melalui pembuatan lemang bambu dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi energi panas di SMPN 17 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes tertulis pemahaman konsep (soal) dan observasi. Hasil penelitian tahap pertama Penerapan pendekatan etnosains lewat pembuatan lemang bambu berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa tentang energi panas di SMPN 17 Bengkulu Selatan. Hal ini dilihat dari hasil uji Independent Samples t-Test menunjukkan t = -5,42 dan p = 0,000 (p < 0,05), menandakan perbedaan nyata antara kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian tahap kedua Pembuatan lemang bambu sebagai media pembelajaran efektif membantusiswa memahami konsep energi panas secara konkret. Data menunjukkan sebaran normal dan varians setara, sehingga pendekatan ini layak diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian tahap ketiga Pendekatan etnosains meningkatkan pemahaman konsep siswa lebih tinggi dibanding metode konvensional. Hal ini dilihat dari hasil Nilai rata-rata kelas eksperimen mencapai 83,07, lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 66,13. Ini membuktikan kontribusi positif pendekatan etnosains dalam pembelajaran energi panas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWalid, Ahmad199105112024211031UNSPECIFIED
Thesis advisorYunilarosi, elvida Sari2029069103UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnosains, Lemang Bambu, Energi Panas
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:01
Last Modified: 16 Sep 2025 02:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year