PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMPN 5 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

PEBRIYANI, ELIZA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMPN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ELIZA PEBRIYANI_2111260009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ4R terhadap literasi sains siswa SMPN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan teknik pengumpulan data melalui tes (Pretest dan Posttest). Populasi penelitian ini mengunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok Kontrol dengan masing-masing 30 siswa. Analisis data kedua kelas menggunakan uji-t (Independent Samples Test) dengan bantuan program SPSS Versi 26,0. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata Kemampuan Litersi Sains siswa kelas VII yang menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) lebih tinggi dibanding dengan nilai rata-rata kemampuan literasi sains yang menggunakan model pembelajaran Konvensional atau metode ceramah yaitu 83,20 > 72,40. Berdasarkan perhitungan uji-t (Independent Samples Test) dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai Sig(-2 tailed) sebesar 0.000 yaitu lebih kecil dari 0,05 (0.00 < 0,05) maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian, hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa kelas VII di SMPN 5 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra, Erik Perdana19881017172023211013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Q4R, Kemampuan Literasi Sains, Pengaruh Pembelajaran
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:28
Last Modified: 16 Sep 2025 02:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5123

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year