PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU (STUDI PADA ZAT DAN PERUBAHANNYA)

Downloads

Downloads per month over past year

ANJELI, YORA (2025) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU (STUDI PADA ZAT DAN PERUBAHANNYA). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_YORA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text (Skripsi)
YORA ANJELI_2011260014_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena peserta didik hanya fokus menghafal dan mengerjakan soal-soal mengenai Zat dan Perubahannya saja, metode yang digunakan adalah metode ceramah, peserta didik kurang diajak untuk berpikir kreatif dalam menemukan konsep IPA (Zat dan Perubahannya) dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat peserta didik merasa materi yang disampaikan tidak menyenangkan dan tidak jarang peserta didik mengobrol ketika sedang belajar. Oleh sebab itu, rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu (studi pada materi Zat dan Perubahannya)?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu (studi pada materi Zat dan Perubahannya). Metode penelitian ini adalah quasi-experimental. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VII A SMP Negeri 20 Kota Bengkulu diperoleh bahwa dari 31 siswa kelas VII A di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu hasilnya terdapat 3 kategori yaitu 18 siswa (58%) mendapatkan nilai pada kategori cukup, 7 siswa (22,58%) kategori kurang, dan 6 siswa (19,35%) kategori sangat kurang. Hasil Belajar IPA dengan menerapkan Model Problem Based Learning di kelas VII B SMP Negeri 20 kota Bengkulu diperoleh bahwa dari 30 siswa kelas VII B di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu hasilnya terdapat 3 kategori yaitu 13 siswa (43,34%) mendapatkan nilai pada kategori sangat baik, 5 siswa (16,66%) kategori baik, dan 12 siswa (40,00%) kategori cukup. Hasil analisis data menunjukan bahwa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model PBL dengan model konvensional. Artinya bahwa dengan penggunaan Model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap Hasil Belajar peserta didik karena peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorYunilarosi, elvida Sari2029108903UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena peserta didik hanya fokus menghafal dan mengerjakan soal-soal mengenai Zat dan Perubahannya saja, metode yang digunakan adalah metode ceramah, peserta didik kurang diajak untuk berpikir kreatif dalam menemukan konsep IPA (Zat dan Perubahannya) dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat peserta didik merasa materi yang disampaikan tidak menyenangkan dan tidak jarang peserta didik mengobrol ketika sedang belajar. Oleh sebab itu, rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu (studi pada materi Zat dan Perubahannya)?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu (studi pada materi Zat dan Perubahannya). Metode penelitian ini adalah quasi-experimental. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VII A SMP Negeri 20 Kota Bengkulu diperoleh bahwa dari 31 siswa kelas VII A di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu hasilnya terdapat 3 kategori yaitu 18 siswa (58%) mendapatkan nilai pada kategori cukup, 7 siswa (22,58%) kategori kurang, dan 6 siswa (19,35%) kategori sangat kurang. Hasil Belajar IPA dengan menerapkan Model Problem Based Learning di kelas VII B SMP Negeri 20 kota Bengkulu diperoleh bahwa dari 30 siswa kelas VII B di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu hasilnya terdapat 3 kategori yaitu 13 siswa (43,34%) mendapatkan nilai pada kategori sangat baik, 5 siswa (16,66%) kategori baik, dan 12 siswa (40,00%) kategori cukup. Hasil analisis data menunjukan bahwa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model PBL dengan model konvensional. Artinya bahwa dengan penggunaan Model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap Hasil Belajar peserta didik karena peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:49
Last Modified: 16 Sep 2025 03:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year