PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS DENGAN WISATA BAHARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN 21 KAUR

Downloads

Downloads per month over past year

RAMADHANI, ANNISA (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS DENGAN WISATA BAHARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN 21 KAUR. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (817kB)
[img] Text (Skripsi)
ANNISA RAMADHANI_2111240110.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SISWA KELAS IV SDN 21 KAUR Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis wisata Kabupaten Kaur dalam pembelajaran menulis narasi, menganalisis kelayakan produk bahan ajar yang dikembangkan, dan mengetahui respons pendidik serta peserta didik terhadap bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV serta peserta didik kelas IV SD Negeri 21 Kaur, dengan jumlah peserta didik sebanyak 18 siswa. Adapun objek penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berbasis wisata di Kabupaten Kaur dalam pembelajaran menulis narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan melalui hasil validasi oleh para ahli, yang menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi, dengan persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 96,98%, ahli bahasa sebesar 92,5%, dan ahli penyajian sebesar 82,60%. Selanjutnya, uji coba kepada 18 peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar ini memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi berdasarkan respons guru dan peserta didik, dengan persentase masing-masing sebesar 98,33% dan 99,53%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRamedlon, Ramedlon196402271991021003UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Wisata Kaur, Menulis Narasi.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:35
Last Modified: 16 Sep 2025 04:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5168

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year