MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL SISWA DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

SAGITA, RIVANA PURI (2025) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL SISWA DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (533kB)
[img] Text (Skripsi)
RIVANA PURI SAGITA_2111280018.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan representasi verbal siswa dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional untuk melihat model pembelajaran yang lebih baik serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan rata-rata tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu Quasi Experimental dengan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah dengan sampel sebanyak 50 siswa, yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal kemampuan representasi verbal berupa soal essay sebanyak 4 butir. Kemudian, berdasarkan perhitungan uji independent sample t test dengan rumus, didapatkan nilai ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? (5,190 > 2,011) sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol (63,16 > 39,44) sehingga model pembelajaran dengan TGT lebih baik daripada dengan model pembelajaran konvensional. Besar perbedaan rata-rata hasil postes pada siswa kelas ekperimen dan siswa kelas kontrol masuk kedalam kategori besar, dengan nilai effect size sebesar 5,87.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang2024117601UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Resti Komala198803202023212038UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Team Games Tournament, Kemampuan Representasi Verbal
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:05
Last Modified: 17 Sep 2025 02:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year