ADEYOLA, AISYAH PUTRI (2025) GAMBARAN REGULASI EMOSI SISWA DALAM MELAKSANAKAN ATURAN SEKOLAH (STUDI DI SMP ISLAM AL-HASANAH KOTA BENGKULU). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (931kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI AISYAH PUTRI ADEYOLA NIM 2111320001.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana siswa mengatur emosinya dalam menjalankan peraturan sekolah serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi para guru saat menangani regulasi emosi siswa di SMP Islam Al- Hasanah Kota Bengkulu. Regulasi emosi sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali, memahami, serta mengendalikan emosinya, yang sangat berperan dalam pencapaian prestasi akademik, kemampuan bersosialisasi, serta pembentukan karakter. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah 9 orang, terdiri dari 5 siswa kelas VIII sebagai informan utama serta 4 guru sebagai informan pendukung. Hasil studi mengungkapkan bahwa sebagian siswa telah mampu mengelola emosinya dengan baik ketika mengikuti aturan sekolah, namun sebagian lainnya masih menunjukkan reaksi negatif seperti kemarahan, kekecewaan, atau menarik diri saat diberikan sanksi. Beberapa faktor yang memengaruhi kemampuan regulasi emosi ini meliputi latar belakang keluarga, pola pengasuhan, tingkat usia, dan interaksi sosial di lingkungan sekolah. Sementara itu, hambatan utama bagi guru adalah terbatasnya waktu untuk memberikan bimbingan secara personal dan minimnya dukungan dari orang tua. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling berbasis pengelolaan emosi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | regulasi emosi, aturan sekolah, siswa | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:14 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year