GAMBARAN REGULASI EMOSI SISWA DALAM MELAKSANAKAN ATURAN SEKOLAH (STUDI DI SMP ISLAM AL-HASANAH KOTA BENGKULU)

Downloads

Downloads per month over past year

ADEYOLA, AISYAH PUTRI (2025) GAMBARAN REGULASI EMOSI SISWA DALAM MELAKSANAKAN ATURAN SEKOLAH (STUDI DI SMP ISLAM AL-HASANAH KOTA BENGKULU). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI AISYAH PUTRI ADEYOLA NIM 2111320001.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana siswa mengatur emosinya dalam menjalankan peraturan sekolah serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi para guru saat menangani regulasi emosi siswa di SMP Islam Al- Hasanah Kota Bengkulu. Regulasi emosi sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali, memahami, serta mengendalikan emosinya, yang sangat berperan dalam pencapaian prestasi akademik, kemampuan bersosialisasi, serta pembentukan karakter. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah 9 orang, terdiri dari 5 siswa kelas VIII sebagai informan utama serta 4 guru sebagai informan pendukung. Hasil studi mengungkapkan bahwa sebagian siswa telah mampu mengelola emosinya dengan baik ketika mengikuti aturan sekolah, namun sebagian lainnya masih menunjukkan reaksi negatif seperti kemarahan, kekecewaan, atau menarik diri saat diberikan sanksi. Beberapa faktor yang memengaruhi kemampuan regulasi emosi ini meliputi latar belakang keluarga, pola pengasuhan, tingkat usia, dan interaksi sosial di lingkungan sekolah. Sementara itu, hambatan utama bagi guru adalah terbatasnya waktu untuk memberikan bimbingan secara personal dan minimnya dukungan dari orang tua. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling berbasis pengelolaan emosi di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSupian, Aan196906151997031003UNSPECIFIED
Thesis advisorPasmawati, Hermi198705312015032005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, aturan sekolah, siswa
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:14
Last Modified: 17 Sep 2025 02:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5193

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year