IMPLEMENTASI PENTAS KARYA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL DI SDN 31 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

PUTRI, SELLA AYU EKA (2025) IMPLEMENTASI PENTAS KARYA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL DI SDN 31 BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_SELLA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text (Skripsi)
SELLA AYU EKA PUTRI_2111240060_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan program yang dirancang oleh pemerintah sebagai bagian dari kurikulum merdeka. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berbeda dengan pembelajaran intra pada umumnya, dimana tujuan dan fokus utama dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah mencapai dimensi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. SDN 31 Bengkulu Tengah merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka dan melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pentas karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kearifan Lokal di SDN 31 Bengkulu Tengah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat serta solusi untuk mnegatasinya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deksriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) Implementasi pentas karya P5 di SDN 31 Bengkulu Tengah dimulai dari beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Pelaksanaan puncak Pentas Karya diambil pada hari Sabtu, 22 Februari 2025 dengan mengambil tema kearifan lokal. 3) Evaluasi dilakukan oleh guru dengan menilai anak saat pentas dan diberikan raport hasil proyek. 4) Faktor pendukung kegiatan ini yang utama adalah adanya kolaborasi pihak sekolah, wali murid, dan komite sekolah. 5) Faktor Penghambatnya adalah biaya atau pendanaan yang sangat minim. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi pentas karya dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuannya dan sangat dipersiapkan secara matang. SDN 31 Bengkulu Tengah mengambil fokus tema kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian198103302023212015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pentas Karya, P5, Kearifan Lokal.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:52
Last Modified: 17 Sep 2025 02:52
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5202

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year