PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU KELAS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DENGAN METODE INQUIRI LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 38 KAYU ELANG KABUPATEN SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Santi, Cinci Oktima (2025) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU KELAS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DENGAN METODE INQUIRI LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 38 KAYU ELANG KABUPATEN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text (Skripsi)
CINCI OKTIMA SANTI_211140108.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Gaya Mengajar Guru Kelas terhadap Kemampuan Kognitif Siswa dengan Metode Inquiri Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 38 Kayu Elang Kabupaten Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 38 Kayu Elang Kabupaten Seluma. Sampel penelitian diambil dari siswa kelas V yang di bagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode inquiri learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, test, dokumentasi. Adapun pengelolaan dan analisa data menggunakan teknik analisa data statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sampel t-test. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai thitung yaitu 2,402 > nilai ttabel 2,101 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh gaya mengajar guru kelas terhadap kemampuan kognitif siswa dengan metode inquiri learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 38 Kayu Elang Kabupaten Seluma dengan nilai signifikansi 0,027 < nilai ⍺ 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Metode Inquiri Learning dapat mempengaruhi kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorAngra, Novita198703062024212025UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya mengajar, inquiri learning, kemampuan kognitif
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:58
Last Modified: 17 Sep 2025 02:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5203

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year