Santi, Cinci Oktima (2025) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU KELAS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DENGAN METODE INQUIRI LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 38 KAYU ELANG KABUPATEN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
CINCI OKTIMA SANTI_211140108.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Gaya Mengajar Guru Kelas terhadap Kemampuan Kognitif Siswa dengan Metode Inquiri Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 38 Kayu Elang Kabupaten Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 38 Kayu Elang Kabupaten Seluma. Sampel penelitian diambil dari siswa kelas V yang di bagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode inquiri learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, test, dokumentasi. Adapun pengelolaan dan analisa data menggunakan teknik analisa data statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sampel t-test. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai thitung yaitu 2,402 > nilai ttabel 2,101 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh gaya mengajar guru kelas terhadap kemampuan kognitif siswa dengan metode inquiri learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 38 Kayu Elang Kabupaten Seluma dengan nilai signifikansi 0,027 < nilai ⍺ 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Metode Inquiri Learning dapat mempengaruhi kemampuan kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gaya mengajar, inquiri learning, kemampuan kognitif | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year