ANALISIS KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SDN 99 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ANGGRAINI, MUNISA (2025) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SDN 99 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (64kB)
[img] Text (Skripsi)
MUNISA ANGGRAINI_2111240041.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Kesulitan Membaca Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 SDN 99 Kota Bengkulu. Rumusan masalahnya ada 2 yaitu yang pertama bagaimana kesulitan membaca peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 dan yang kedua bagaimana upaya di lakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik di kelas 1 SDN 99 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu Menganalisis kesulitan membaca peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDN 99 Kota Bengkulu, dan Menganalisis Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada pembelajaran bahasa kelas I di SDN 99 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat 3 peserta didik yang mengalami kesulitan membaca. Jenis jenis kesulitan membaca yang dialaminya yaitu: Kurangnya daya ingat, kurang mengenal huruf, kesulitan mengeja, Kesalahan penggantian huruf, kesulitan melafalkan huruf, kesulitan melihat jarak jauh. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik di kelas 1 SDN 99 Kota Bengkulu yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, meningkatkan rasa percaya diri, tidak pernah menyalahkan kondisi yang dialami peserta didik di kelas 1 SDN 99 Kota Bengkulu. Kesimpulannya Berdasarkan lhasil lpenelitian lmengenai lanalisis lkesulitan lmembaca lpada lpembelajaran lbahasa lIndonesia l ldi lkelas l1 lSDN l99 lKota lBengkulu, ldidapatkan lkesimpulan lsebagai lberikut: Kesulitan lmembaca lpeserta ldidik ldi lkelas l1 lSDN l99 lKota lBengkulu, lyaitu lkesulitan lmelihat ljarak ljauh, lkurangnya ldaya lingat, lkesalahan lpenggantian lhuruf, lkurang lmengenal lhuruf, lkesulitan lmengeja, lkesulitan lmelafalkan lhuruf. Upaya lyang ldilakukan lguru ldalam lmengatasi lkesulitan lmembaca lpeserta ldidik ldi lkelas l1 lSDN l99 lKota lBengkulu, ldiantaranya l lyaitu, lguru lmenggunakan lmedia lpembelajaran, lguru lmeningkatkan lrasa lpercaya ldiri lkepada lpeserta ldidik, ldan lguru ltidak lpernah lmenyalakan lpeserta ldidik latas lkondisi lyang ldi lalaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYurmani, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorHeriadi, Meddyan198907082019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan Membaca, Peserta Didik, Sekolah Dasar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:04
Last Modified: 17 Sep 2025 03:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year