PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DOMINO PUZZEL PADA MATERI BILANGAN CACAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG SISWA KELAS V DI SD NEGERI 205 BENGKULU UTARA

Downloads

Downloads per month over past year

LESTARI, ANANDA MAYA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DOMINO PUZZEL PADA MATERI BILANGAN CACAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG SISWA KELAS V DI SD NEGERI 205 BENGKULU UTARA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text (Skripsi)
ANANDA MAYA LESTARI _2111280027.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan menghitung siswa di Sekolah Dasar Negeri 205 Bengkulu Utara masih tergolong rendah dikarenakan kurangnya variasi bahan ajar atau media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, selain itu kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika dikarenakan asumsi bahwa matematika merupakan pembelajaran yang sulit menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan permasalah matematika termasuk oprasi hitung matematika. Karena hal tersebut peneliti bertujuan mengehasilkan produk Domino Puzzle Matematika (DOLEMA) untuk meningkatkan kemampuan menghitung siswa kelas V di SD N 205 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembagan yaitu ADDIE. Instrument yang digunakan berupa angket validasi, wawancara, angket respon siswa, dan soal pretest serta posttes. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup sebagai Ahli Media dan Ahli Materi, kemudia 1 dosen Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu sebagai Ahli Bahasa. Data dari hasil anlisis kelayakan dengan menghitung pencapaian pada setiap komponen yaitu; Ahli Media, Ahli Materi, Ahli Bahasa, dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan media yaitu; dengan kategori sangat praktis. Adapun uji efektifitas dengan nilai sebesar yang menunjukkan bahwa media dikriteriakan sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang di kembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri198807252020121003UNSPECIFIED
Thesis advisorAmri, Syaiful196904031994121001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menghitung, Media Pembelajaran, DOLEMA
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:36
Last Modified: 17 Sep 2025 03:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year