PENERAPAN STRATEGI PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARS, PRACTICE, EVALUATE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 110 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

FRANSISCA, SHERLY (2025) PENERAPAN STRATEGI PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARS, PRACTICE, EVALUATE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 110 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text (Skripsi)
SHERLY FRANSISCA_2111240044.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana penerapan strategi PORPE dan kendala yang dihadapi guru serta upaya yang dilakukan pada saat menerapkan strategi PORPE di kelas IV SDN 110 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang di teliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil mengenai bagaimana penerapan strategi PORPE yang dilakukan guru dan kendala apa yang sering di temui serta upaya yang dilakukan guru pada saat menerapkan strategi PORPE di kelas IV SDN 110 Bengkulu Selatan. Tahap-tahap penerapan strategi PORPE yaitu: Tahap Predict( memprediksi), Tahap Organize(mengorganisasi), Tahap Rehears(melatih kembali), Tahap Practice(mempraktikkan), dan Tahap Evaluate(mengevaluasi). Kendala yang sering guru temui dan upaya yang dilakukan pada saat menerapkan strategi PORPE yaitu: sebagian siswa ada yang masih merasa takut, siswa masih terbiasa berpikir kritis, siswa yang memiliki perbedaan tingkat pemahaman dan juga keterbatasan waktu pada saat menerapkan strategi PORPE. Dan upaya yang dilakukan yaitu: guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa, mengatur waktu secara efisien, membagi siswa dalam kelompok, memberikan latihan bertahap dan memberikan kesempatan untuk remedial kepada siswa di kelas IV SDN 110 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYurmani, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorHeriadi, Meddyan198907082019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Strategi PORPE, Sekolah Dasar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:31
Last Modified: 17 Sep 2025 03:31
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year