PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Alpiani, Novi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (558kB)
[img] Text (Skripsi)
NOVI ALPIANI_2111240152.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran storytelling berbantuan media video animasi terhadap peningkatan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan bercerita siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif dan tidak menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment), melibatkan dua kelompok siswa yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan metode storytelling berbantuan media video animasi, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan bercerita sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes keterampilan bercerita siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode storytelling berbantuan media video animasi berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan bercerita siswa. Dengan demikian, metode ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWalid, Ahmad199105112024211031UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra, Erik Perdana198810172023211013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: storytelling, video animasi, keterampilan bercerita, pembelajaran bahasa, sekolah dasar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:27
Last Modified: 17 Sep 2025 03:27
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5213

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year