ARIYANA, MITA (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
MITA ARIYANA_2111280001.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, (2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa di SMP N 2 Kota Bengkulu setelah menggunakan multimedia interaktif yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis (analyze), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implentation) dan tahap evaluasi (eveluation). Hasil penelitian dan pengembangan antara lain: (1) Multimedia ini dinyatakan valid dan digunakan dalam pembelajaran dengan para validator yaitu ahli media dan materi dengan rata-rata seluruh hasil validator sebesar 92,36%, (2) Diketahui bahwa nilai Mean NGainPersen untuk kelas eksperimen adalah sebesar 71,17%. Berdasarkan tabel kategori tafsiran efektivitas nilai N-Gain (%) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada kelas eksperimen mencapai tingkat tinggi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Selanjutnya, diketahui bahwa nilai Mean NgainPersen untuk kelas kontrol adalah sebesar 65,50%. Berdasarkan tabel kategori tafsiran efektifitas ???? − ???????????????? (%) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode konvensional pada kelas kontrol mencapai tingkat sedang untuk meningkatkan pemahaman konsep. Maka secara deskriptif statistik dapat dikatakan bahwa ada perbedaan efektivitas penerapan multimedia interaktif dengan metode konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, Pemahaman konsep matematis siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 03:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 03:45 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year