PENGARUH PENGGUNAAN E-BOOK (BUKU DIGITAL) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 52 BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

APRILIANTI, MAYA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN E-BOOK (BUKU DIGITAL) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 52 BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text (Skripsi)
MAYA APRILIANTI_2111210076..pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan seperti pengaplikasian ebook ( buku digital ) pendidikan agama islam ini, khususnya dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif, fleksibel, dan efektif sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-book (buku digital) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Islam Al-Azhar 52 Bengkulu. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan korelasional. Metode kuantitatif adalah suatu pendekatan yang secara primer menggunakan paradigma postpositivist dalam mengembangkan ilmu pengetahuan (seperti pemikiran tentang sebab akibat, reduksi kepada variabel, hipotesis dan pertanyaan spesifik menggunakan pengukuran dan observasi serta pengujian teori), menggunakan strategi penelitian seperti eksperimen dan survei yang memerlukan data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book ( buku digital ) Pendidikan Agama Islam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas vii SMP Islam Al-Azhar 52 Bengkulu. Hal ini dibuktikan dengan Analisis pada tabel 4.12 mengungkapkan hubungan linear yang signifikan antara variabel X dan Y, dengan nilai signifikansi (sig) untuk parsial effect X dan Y sebesar 0,000 < 0,05, serta nilai t-hitung sebesar 8,280 > t-tabel sebesar 2,009. Dari situ peneliti mendapatkan hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang menandakan adanya pengaruh penggunaan e-book ( buku digital ) Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar siswa di SMP Islam Al-Azhar 52 Bengkulu. Dalam konteks persamaan regresi linear sederhana Y' = a + bX, dapat dinyatakan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 58,8% terhadap variabel Y sementara 41,2 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031005UNSPECIFIED
Thesis advisorBasinun, Basinun197710052007102005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Book, buku digital, Pendidikan Agama Islam, hasil belajar, siswa SMP
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:28
Last Modified: 18 Sep 2025 03:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year