PUTRA, M. IMAN (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA UNIVERSITAS PAT PETULAI REJANG LEBONG. Doktoral (S3) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Download (708kB) |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text (DISERTASI)
DISERTASI M. IMAN PUTRA NIM 2223770002.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh produk hasil pengembangan modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kearifan lokal pada Universitas Pat Petulai Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian modul ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development) dengan produk yang dikembangkan berupa buku ajar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE Model yaitu dengan tahapan analisys (Analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi/eksekusi) dan evaluation (evaluasi). Untuk meyusun sistem pembelajaran, di mana produk yang dihasilkan pada modul pembelajaran berupa bahan ajar berbentuk modul pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kriteria yang meliputi kevalidan, dan keefektifan. Sampel penelitian ini berjumlah 72 mahasiswa yang terdiri dari 12 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil dan 60 mahasiswa untuk uji coba kelompok besar. Penelitian ini menghasilkan produk modul pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama Islam berbasis kearifan lokal. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi, ahli desain dan teknologi pendidikan, ahli bahasa, dan ahli media pembelajaran serta mendapat respon sangat baik dari mahasiswa (Sangat Positif). Modul pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama Islam berbasis kearifan lokal hasil dari pengembangan terbukti efektif digunakan untuk pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa kognitif, psikomotorik dan lebih adaptif, kontekstual, dan aplikatif serta keterlaksanaan pembelajaran (kategori sangat baik). Perbandingan sistem kerja produk baru modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kearifan lokal hasil pengembangan memiliki sistem kerja yang lebih unggul dibandingkan dengan modul lama. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan persentase pada seluruh aspek penilaian, yakni kecepatan pemahaman mahasiswa, kreativitas mahasiswa, serta hasil belajar mahasiswa dan juga meningkatkan kualitas pembelajaran dibandingkan dengan produk lama. Peningkatan signifikan terlihat pada kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar mahasiswa. Hasil ini mendukung bahwa modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kearifan lokal menciptakan pembelajaran yang lebih menyeluruh dan berkualitas.
Item Type: | Thesis (Doktoral (S3)) | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kearifan Loka | ||||||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3) | ||||||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:07 | ||||||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:07 | ||||||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year