PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SISWA DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

JAYANTI, CICI DWI (2025) PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SISWA DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text (Skripsi)
CICI DWI JAYANTI_2111240101.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Peran Guru dan Kendala yang dihadapi guru Dalam Mengembangkan Keterampilam Literasi Siswa berkebutuhan Khusus Di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang digunakan untuk memahami fenomena sosial dari prespektif partisipan. Pendekatan kualitatif dipilih karena mampu menggali secara mendalam pengalaman dan tantangan gurua dalam mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara lansung, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dalam beberapa langka yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik Kesimpulan. Responpen pada penelitian ini terdiri dari 3, 2 guru dan 1 Kepala Sekolah . Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Peran guru dalam mengembangkan keterampilan literasi siswa dengan kebutuhan khusus di SDN 74 Kota Bengkulu tidak hanya sebatas pengajar yang hanya menyampaikan pembelajaran membaca dan menulis akan tetapi peran guru yaitu sebagi fasilitator, pengajar, pembimbingan dan motivator. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan keterampilan literasi siswa dengan kebutuhan khusus di SDN 74 Kota Bengkulu, memiliki beberapa kendala yang segnifikan yaitu kurangnya pelatihan khusus dalam menghadapi karakteristik dan kebutuhan beragam dari siswa ABK, bukan dari lulusan PLB, keterbatasan dalam konsentrasi dan daya ingat anak, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua, serta lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Bahasa Indonesia, Literasi, ABK
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:09
Last Modified: 22 Sep 2025 02:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year