MEIZONTARA, ALBETRIK (2025) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MEMBENTUK KONSENTRASI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI TERPADU MUTIARA ASSYIFA KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
BAB I.pdf Download (376kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (411kB) |
|
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (332kB) |
|
|
Text (TESIS)
ALBETRIK MEIZONTARA_2323540004.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya konsentrasi dan disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal yang menjadi dasar pertimbangan guru dalam menerapkan metode pembelajaran kreatif dan inovatif dalam pembelajaran Fiqih, metode pembelajaran kreatif dan inovatif yang digunakan dalam upaya membentuk konsentrasi dan disiplin belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis media audiovisual dalam membentuk konsentrasi dan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Adapun penelitian ini ada menggunakan penelitian kualitatif deskriftip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yaitu guru fiqih, Kepala Sekolah, Siswa, WaKa Kurikulum, dan guru yang lainnya di MI Terpadu Mutiara Assyifa Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini yaitu yang menjadi dasar pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran adalah kurikulum, peserta didik, materi pembelajaran, karakter siswa, tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan untuk membentuk konsentrasi dan disiplin belajar siswa adalah dengan menggunakan metode kontruktivisme yang disandingkan dengan media audiovisual. Adapun faktor pendukung yaitu kompetensi guru, sarana dan prasarana, metode yang digunakan, motivasi siswa. Faktor penghambatnya yaitu waktu pelajaran yang terbatas, suasana hati siswa, kondisi kesehatan rasa bosan. Kesimpulan penelitian ini di MI Terpadu Mutiara Assyifa Kota Bengkulu adalah dalam memilih metode pembelajaran yaitu melihat kurikulum, kompetensi guru, karakter siswa, materi ajar, sarana dan prasarana dalam memilih metode pembelajaran, guru menggunakan metode kontruktivisme yang bertujuan menjadikan siswa lebih aktif, semangat, konsentrasi dan disiplin siswa menjadi terbentuk
| Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Media Audiovisual, Konsentrasi dan Disiplin Belajar. | ||||||||||||
| Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:21 | ||||||||||||
| Last Modified: | 22 Sep 2025 03:21 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics