TRISNAWATI, AYU (2025) IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGUATKAN DAYA INGAT HAFALAN MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (618kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (285kB) |
|
|
Text (Skripsi)
AYU TRISNAWATI_2111210179.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Al-Qur‟an adalah cahaya, petunjuk pemberi kabar gembira bagi orang beriman, dan pemberi peringatan bagi yang ingkar. Dengan membaca, mengkaji, mempelajari, dan mengamalkannya, akan mendapatkan banyak sekali kebaikan dan kemuliaan, lebih utama lagi apabila dapat menghafalnya. Menghafal Al-Qur‟an merupakan salah satu bentuk usaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam menghafal AlQur‟an banyak metode yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah metode Tikrar. Metode Tikrar atau pengulangan merupakan metode menghafal yang dilakukan dengan cara mengulang- ulang bagian yang ingin dihafalkan. Pertanyaan penelitian bagaimana implementasi metode tikrar dalam menguatkan daya ingat hafalan mahasantri Ma‟had Al-Jami‟ah UIN Fatmawati Sukarnno. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi metode tikrar dalam menguatkan daya ingat hafalan mahasantri Ma‟had Al-Jami‟ah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi metode tikrar dalam menguatkan daya ingat hafalan mahasantri Ma‟had Al-Jami‟ah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dilakukan dengan cara mengulang hafalan yang sudah dihafalkan kepada ustad. Metode ini dimaksudkan agar hafalan yang pernah dihafalkan oleh para santri bisa tetap terjaga dengan baik, selain mengulang hafalnnya bersama ustadz, santri juga menghafalkannya dengan sendiri-sendiri dengan maksud untuk melancarkan hafalan yang telah dihafal sehingga tidak mudah lupa. Implementasi metode tikrar dilakukan dengan dua tahap, yakni tahap persiapan dan tahap penerapan. Pada tahap persiapan seseorang mahasantri sebelum menyetorkan hafalan kepada ustadz, mereka terlebih dahulu melakukan persiapan yaitu mentakrir (mengulang-ulang) hafalan sampai benar-benar lancar dan baik. Persiapan tersebut dalam upaya membuat hafalan yang disetorkan kepada ustadz lebih baik. Selanjutnya, pada tahap penerapan, dilakukan dengan menyetorkan hafalan kepada ustad dan mudarosah berkelompok.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Metode Tikrar, Dalam Menguatkan Daya Ingat Hafalan Mahasantr | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:29 | ||||||||||||
| Last Modified: | 22 Sep 2025 03:29 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics