EKSPLORASI PERAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBENTUKAN KUALITAS DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

KHOIRULLAH, MUHAMMAD DICKY (2025) EKSPLORASI PERAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBENTUKAN KUALITAS DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text (TESIS)
MUHAMMAD DICKY KHOIRULLAH-2323540037.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembentukan kualitas diri dan peningkatan prestasi belajar peserta didik Kelas XI MAN 1 Kota Bengkulu. Latar belakangnya adalah kebutuhan metode inovatif yang mampu mengembangkan kualitas diri holistik dan pemahaman bermakna, mengingat observasi awal menunjukkan partisipasi pasif dan kurangnya relevansi materi bagi siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi dari dua guru dan empat peserta didik. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, diverifikasi melalui triangulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan CTL oleh guru secara konsisten, melalui komponen konstruktivisme, inkuiri, dan masyarakat belajar, berperan signifikan dalam meningkatkan kepercayaan diri, menguatkan kolaborasi dan komunikasi, serta menumbuhkan kemandirian dan tanggung jawab peserta didik. Selain itu, CTL berkontribusi pada pemahaman konsep yang lebih mendalam dan bermakna, serta peningkatan minat dan motivasi belajar. Faktor pendukung meliputi dukungan sekolah, antusiasme siswa, dan kompetensi guru, sementara keterbatasan waktu, jumlah siswa, dan heterogenitas kemampuan menjadi penghambat. Disimpulkan, CTL adalah pendekatan transformatif yang efektif dalam mengembangkan kualitas diri dan prestasi belajar secara simultan.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhoiri, Qolbi198107202007101003UNSPECIFIED
Thesis advisorRiadi, Dayun197207072006041002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kualitas Diri, Prestasi Belajar
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 22 Sep 2025 07:36
Last Modified: 22 Sep 2025 07:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year