AGUSTARI, NETI (2025) STRATEGI PENERAPAN METODE UMMI PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN KELAS II SD IT AL-ANWAR KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
NETI AGUSTARI_21111240209.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya optimalisasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di sekolah dasar Islam terpadu sebagai upaya membentuk karakter generasi Qur’ani sejak dini. SD IT Al-Anwar Kota Bengkulu merupakan salah satu sekolah yang menerapkan metode Ummi dalam pembelajaran tahfidz Qur’an, meskipun belum secara resmi bermitra dengan Ummi Foundation. Metode Ummi dikenal memiliki pendekatan sistematis, terstruktur, dan menyenangkan, serta sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, serta dampak penerapan metode Ummi pada mata pelajaran tahfidz Qur’an di SD IT Al-Anwar Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru tahfidz, dan siswa kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penerapan metode Ummi dilakukan melalui penyusunan jadwal tahfidz, penetapan target hafalan, pembentukan kelompok belajar, dan strategi pemberian reward edukatif. Pelaksanaannya meliputi tahapan muroja’ah, talaqqi, repetition, simaan, evaluasi, serta pemberian reward sederhana. Adapun dampak dari penerapan metode ini di antaranya peningkatan kualitas hafalan siswa, meningkatnya motivasi belajar, terbentuknya adab Qur’ani dalam diri siswa, serta bertambahnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak menghafal di rumah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan Islam dalam mengoptimalkan pembelajaran tahfidz Qur’an menggunakan metode Ummi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Ummi, Tahfidz Al-Qur’an, Strategi Pembelajaran, Reward Edukatif. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year