Selpia, Reni (2025) MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (276kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (270kB) |
|
|
Text (SKRIPSI)
RENI SELPIA_21111280005.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis dikalangan siswa masih rendah, ditandai dengan siswa sulit memahami materi pelajaran, sulit mengerjakan soal- soal matematis, dan siswa bosan mengikuti pelajaran matematis, karena model pembelajaran belum berkembang. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan LKPD berbasis pendekatan kontruktivisme dan siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Menggunakan model learning cycle 5e ini memberikan siswa pengalaman belajar baru yang membantu mereka memahami materi pelajaran dan menghindari cepat kehilangan minat belajar. Adapun penelitian eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Randomized subject Posttest Only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan data yang telah di analisis, menunjukkan hasil rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme yaitu 79,86. Sedangkan rata-rata dikelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yaitu 62,36. Setelah dilakukan uji-t menunjukkan ????0 ditolak karena ????ℎ???????????????????? ≥ ???????????????????????? yaitu 5,912 ≥ 1,999. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme lebih baik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Ketika model learning cycle 5e diterapkan, kemampuan siswa dalam memahami konsep menjadi lebih baik. Sehingga dapat disarankan, untuk dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, maka terapkanlah model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan LKPD berbasis pendekatan kontruktivisme di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Learning Cycle 5E, LKPD, Pendekatan Konstruktivisme | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:20 | ||||||||||||
| Last Modified: | 24 Sep 2025 02:20 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics