MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Selpia, Reni (2025) MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text (SKRIPSI)
RENI SELPIA_21111280005.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis dikalangan siswa masih rendah, ditandai dengan siswa sulit memahami materi pelajaran, sulit mengerjakan soal- soal matematis, dan siswa bosan mengikuti pelajaran matematis, karena model pembelajaran belum berkembang. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan LKPD berbasis pendekatan kontruktivisme dan siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Menggunakan model learning cycle 5e ini memberikan siswa pengalaman belajar baru yang membantu mereka memahami materi pelajaran dan menghindari cepat kehilangan minat belajar. Adapun penelitian eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Randomized subject Posttest Only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan data yang telah di analisis, menunjukkan hasil rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme yaitu 79,86. Sedangkan rata-rata dikelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yaitu 62,36. Setelah dilakukan uji-t menunjukkan ????0 ditolak karena ????ℎ???????????????????? ≥ ???????????????????????? yaitu 5,912 ≥ 1,999. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme lebih baik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Ketika model learning cycle 5e diterapkan, kemampuan siswa dalam memahami konsep menjadi lebih baik. Sehingga dapat disarankan, untuk dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, maka terapkanlah model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan LKPD berbasis pendekatan kontruktivisme di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni199107142023212042UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Learning Cycle 5E, LKPD, Pendekatan Konstruktivisme
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:20
Last Modified: 24 Sep 2025 02:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year