PENGARUH STRATEGI ACTIVE DEBATE (DEBAT AKTIF) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 10 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Hendri, Andro (2025) PENGARUH STRATEGI ACTIVE DEBATE (DEBAT AKTIF) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 10 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (701kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANDO HENDRI_1811270022.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi active debate (debat aktif) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 10 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (quasi eksperimen) yaitu jenis eksperimen yang mempunyai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu 32 orang siswa Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 32 orang siswa Kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya yaitu soal tes dan dokumentasi. Uji validitas data soal tes menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas data menggunakan rumus alfa cronbach. Uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis data (uji t) dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh strategi active debate (debat aktif) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 10 Seluma. Hal tersebut diketahui dari nilai thitung sebesar 2,578 dan nilai ttabel sebesar 1,697 dengan nilai p sebesar 0,029. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (yaitu 2,578 > 1,697) atau nilai p < 0,05 (yaitu 0,029 < 0,05) maka dapat dikatakan adanya perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, Sepri19900212019031015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Debat Aktif, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:13
Last Modified: 24 Sep 2025 03:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5399

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year