STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGRI 35 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

APRIGA, PITA SARA (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGRI 35 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Skripsi)
PITA SARA APRIGA_21111240027.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru dalam mengimplementasikan media Flash Card pada pembelajaran membaca permulaan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya di kelas I SD Negeri 35 Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas I, dan siswa kelas I. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dilaksanakan melalui pengenalan huruf, latihan membaca suku kata, mencocokkan kata dengan gambar, serta menyusun kalimat sederhana. Media Flash Card menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan membuat siswa lebih percaya diri. Faktor pendukung meliputi dukungan sekolah, kreativitas guru, antusiasme siswa, dan keterlibatan orang tua. Faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, jumlah media yang terbatas, perbedaan kemampuan siswa, serta kurangnya variasi strategi guru. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan Flash Card berperan positif dalam memotivasi siswa dan mengembangkan keterampilan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 35 Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi1969030819966031005UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Hamdan198804122023211026UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Flash Card, Membaca Permulaan, Sekolah Dasar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:46
Last Modified: 24 Sep 2025 07:06
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year