PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Downloads

Downloads per month over past year

MUSTALIFAH, MUSTALIFAH (2025) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (919kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (709kB)
[img] Text (skripsi)
MUSTALIFAH_2111280007.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menghadirkan inovasi media pembelajaran berupa buku cerita bergambar yang memadukan nilai karakter gemar belajar matematika, sebagai salah satu strategi untuk mendorong tumbuhnya minat belajar siswa sekolah dasar. Gagasan ini lahir dari permasalahan rendahnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika dan minimnya media pembelajaran yang menarik sekaligus mengandung nilai-nilai karakter yang sesuai dengan tahap perkembangan anak sekolah dasar. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahap sistematis: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Produk akhir berupa buku cerita bergambar berjudul “Belajar Adalah Kunci Aku Bisa”, yang mengangkat materi perkalian dan pembagian bilangan cacah serta menanamkan nilai karakter gemar belajar yang terinspirasi dari program “7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat”. Uji kelayakan dilakukan oleh tiga pakar, menghasilkan skor validasi 99% dari ahli materi, 93% dari ahli media, dan 94% dari ahli bahasa, seluruhnya berada pada kategori “Sangat Valid”. Tahap uji coba lapangan melibatkan siswa kelas II SD 74 Kota Bengkulu, dengan hasil respon siswa rata-rata 92,46% dan respon guru 92%, yang keduanya masuk kategori “Sangat Baik”. Efektivitas media ini juga terbukti melalui peningkatan minat belajar siswa berdasarkan hasil angket, dengan perolehan nilai N-Gain 0,70127 atau setara peningkatan sebesar 70,127%, yang termasuk kategori “Tinggi”. Berdasarkan temuan tersebut, buku cerita bergambar ini dinyatakan layak, efektif, dan potensial untuk dimanfaatkan sebagai media pendukung pembelajaran yang mampu menumbuhkan minat belajar matematika di tingkat sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSantri, Fatrima198803192015032003UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian198103302023212015UNSPECIFIED
TeacherUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Bergambar, Pendidikan Karakter, Gemar Belajar Matematika, Minat Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:49
Last Modified: 24 Sep 2025 07:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5417

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year